Waspadalah Gejala Penyakit Gondok

Penyakit gondok atau dalam bahasa medis disebut struma/goiter adalah penyakit yang timbul sebagai akibat pembengkakan/pertumbuhan kelenjar gondok (tiroid) yang tidak normal. Benjolan biasanya terletak pada leher sebelah depan (pada tenggorokan). Kelenjar tiroid yang membesar dijuluki gondok yang merupakan benjolan yang terlihat di permukaan leher, mengganggu penampilan dan dapat mengakibatkan rasa rendah diri (minder). Di samping itu, gondok sangat menggelisahkan sebagian penderitanya karena ketakutan akan tumor ganas. Fungsi kelenjar ini yaitu mengatur metabolisme tubuh, sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan normal di dalam tubuh seseorang.

gondok

Gondok disebabkan kekurangan zat yodium dalam makanan yang dimakan. Pada wanita hamil apabila terjadi kekurangan zat yodium ini dapat mengakibatkan bayi meninggal dalam kandungan, atau bayi dilahirkan disertai kecatatan mental ataupun pendengaran. Adapun beberapa gejala penyakit gondok yang perlu kita waspadai seperti:

* Terjadi pembengkakan pada kelenjar gondok.
* Mulut terasa tegang dan nyeri khususnya pada saat makan dan menelan.
* Penurunan nafsu makan.
* Sering merasa mual, bahkan terkadang muncul rasa ingin muntah.
* Suhu badan meningkat.
* Kadang-kadang dirasakan telinga mendengung.

Beberapa daerah memiliki kecenderungan untuk menderita penyakit gondok seperti pada daerah dataran tinggi , pegunungan , atau daerah dengan sosial ekonomi rendah . Oleh sebab itu pada warga di daerah tersebut harus meningkatkan konsumsi garam beryodium , kemudian dengan meningkatkan konsumsi ikan laut , atau jenis sayuran hijau supaya kebutuhan akan yodium tetap tercukupi . Kita harus tetap waspada terhadap penyakit gondok agar kita bisa mencegahnya sedini mungkin .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *