Tips Mengatasi Penyakit Gondok

Gondok atau istilah hipertiroid adalah sebuah pembengkakan di leher ( di bawah jakun atau laring )karena kelenjar tiroid yang membesar . hal ini sebenarnya adalah tanda bahwa tiroid telah mengalami kerusakan . Selain itu , gondok juga dapat terjadi akibat terlalu banyaknya hormon  ( hipertiroidisme ) atau terlalu sedikit ( hipotiroidisme ) . Namun begitu , semua bermula pada ketidak normalan kelenjar tiroid .

Tips gondok

  • YODIUM , Salah satu penyebab utama anda terkena gondok adalah karena kurangnya konsumsi yodium . Oleh sebab itu , jika anda ingin menyembuhkan leher dari gondok , ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang mengandung yodium . Dalam banyak penelitian di sebutkan bahwa takaran yodium untuk orang dewasa adalah 150 mikrogran perhari .
  • Rumput laut atau lebih khusus lagi yaitu kelp di percaya dapat membantu penyembuhan gondok . Dengan kandungan yodium yang tinggi , kelp mampu mebantu tubuh menormalkan fungsi tiroid . Selain itu juga , rumput laut ini mengandung banyak sekali nutrisi bagi tubuh , termasuk kalsium , kalium , zat besi dan magnesium . anda dapat membeli kelp di toko-toko atau supermarket dalam keadaan kering atau sudah di acar .
  • Selada air , sama seperti jenis rumput laut kelp, selada air juga dapat dijadikan sumber yodium, sehingga efektif untuk menanggulangi gondok. Selada air juga kaya akan mineral dan nutrisi lainnya, seperti germanium, sulfur dan antioksidan. Semua kandungan selada air tersebut dapat membantu tubuh menormalkan kembali kelenjar tiroid.
  • Bawang putih , Salah satu rempah-rempah dapur ini juga ternyata dapat Anda jadikan cara mengobati gondok secara alami dan efektif. Dengan mengkonsumsi bawang metah sebanyak 3 hingga 4 siung perhari, Anda sudah dapat membantu tubuh memproduksi glutathione yang bermanfaat untuk membuat fungsi tiroid kembali lebih sehat. Selain itu, kandungan lainnya dalam bawang putih juga dipercaya mampu mengurangi pembengkakan pada leher akibat gondok
  • Makanan kaya selenium , mengkonsumsi makanan yang kaya akan selenium . perlu di ketahui bersama bahwa selenium di perlukan oleh kelenjar tiroid untuk mengoptimalkan kinerjanya . Oleh sebab itu , kekurangan selenium dapat membuat fungsi tiroid melemah dan jika anda kekurangan selenium dalam keadaan gondok , maka penyakit tersebut dapat bertambah mengkhawatirkan . Oleh sebab itu, fokuslah pada makanan-makanan yang kaya akan selenium, seperti daging, kepiting, kerang, biji bunga matahari, bibit gandum, jamur, tuna, telur dan unggas.
  • Teh Hijau , terkenal akan kandungan antioksidan dan slueride alaminya yang tinggi , itu mengapa teh jenis ini mampu membantu anda mengubah fungsi tirois kembali dalam keadaan sehat .  anda hanya perlu mencampur 1 sendok makan teh hijau dengan secangkir air panas .

Semoga tips ini bisa membantu anda dalam prosen penyembuhan . Terimakasih dan semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *