Penyebab Yang Menimbulkan Penyakit Gondok

obat gondok anak – Kelenjar tiroid anda menghasilkan dua hormon utama yaitu tirokdin (T-4) dan triiodothyroine (T-3). Hormon-hormon ini beredar dalam aliran darah anda dan membantu mengatur metabolisme anda. Mereka mempertahankan tingkat di mana tubuh anda menggunakan lemak dan karbohidrat, membantu mengontrol suhu tubuh anda, Mempengaruhi detak jantung, dan membantu mengatur produksi protein . Kelenjar tiroid anda juga memproduksi kalsitonin, hormon yang memantu mengatur jumlah kalsium dalam darah anda.

penyebab gondok

Kelenjar hiposis dan hipotalamus mengontrol tingkat dimana hormon ini di produksi . Proses ini di mulai ketika hipotalamus , daerah di dasar otak anda yang bertindak sebagai termostat untuk seluruh sistem tubuh anda, sinyal kelenjar hipofisis anda yang juga terletak di dasar otak anda, melepaskan sejumlah hormon perangsang tiroid, tergantung pada sebarapa banyak tiroksin dan T-3 Dalam darah anda . Kelenjar tiroid anda pada gilirannya, mengatur produksi hormon berdasarkan jumlah hormon perangsang tiroid yang di terima dari kelenjar pituitari.

Memiliki penyakit gondok tidak berarti bahwa kelenjar tiroid anda tidak bekerja secara normal. Bahkan ketika itu membesar, tiroid anda dapat menghasilkan terlalu banyak atau terlalu sedikit tiroksin dan T-3.

Sejulah faktor dapat menyebabkan kelenjar tirod anda membesar.Diantaranya yang paling umum adalah :

  • Kekurangan yodium. Yodium yang penting untuk produksi hormon tiroid, Dapat di temukan terutam dalam makanan laut dan tanah di wilayah pesisir . Di negara berkembang , orang-orag yang tinggal di pedalaman atau pada ketinggian sering kekurangan yodium dan dapat mengembangkan penyakit gondok ketika kelenjar tiroid membesar.
  • Penyakit Graves’. Penyakit gondok kadang-kadang dapat terjadi ketika kelenjar tiroid Anda menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme). Pada penyakit Graves, antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang kelenjar tiroid Anda, menyebabkan ia menghasilkan kelebihan tiroksin. Overstimulasi ini menyebabkan tiroid membengkak.
  • Penyakit Hashimoto. Penyakit gondok juga dapat disebabkan oleh tiroid kurang aktif (hypothyroidism). Seperti penyakit Graves’, penyakit Hashimoto adalah gangguan autoimun. Tapi bukannya menyebabkan tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon, kerusakan Hashimoto tiroid Anda sehingga menghasilkan terlalu sedikit.
  • Gondok multinodular. Dalam kondisi ini, beberapa benjolan padat atau berisi cairan yang disebut nodul berkembang di kedua sisi tiroid Anda, sehingga pembesaran keseluruhan kelenjar.
  • Nodul tiroid soliter. Dalam hal ini, nodul tunggal berkembang di salah satu bagian dari kelenjar tiroid Anda. Sebagian besar nodul adalah non-kanker (jinak) dan tidak menyebabkan kanker.
  • Kanker tiroid. Kanker tiroid kurang umum daripada nodul tiroid jinak. Kanker tiroid seringkali muncul dengan pembesaran di salah satu sisi tiroid.
  • Kehamilan. Sebuah hormon yang dihasilkan selama kehamilan, human chorionic gonadotropin (HCG), dapat menyebabkan kelenjar gondok Anda memperbesar sedikit.
  • Peradangan. Tiroiditis adalah kondisi peradangan yang dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada tiroid. Hal ini juga dapat menyebabkan rendahnya produksi tiroksin.

Itulah yang dapat saya terang kan beberapa penyebab yang menimbulkan penyakit gondok . Semoga kita tidak terkena penyakit apapun termasuk penyakit gondok yang memang menyiksa kita .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *