10 Faktor Penyebab Munculnya Penyakit Hipotiroidisme

Obat Gondok Anak | Apakah anda tahu bahwa Hipotiroidisme adalah jenis yang paling umum dari gangguan tiroid di dunia? Menurut laporan, satu dari setiap sepuluh orang yang menderita masalah yang berkaitan dengan tiroid. Tapi, mari kita terlebih dahulu memahami apa hipotiroidisme?

Tiroid adalah kelenjar yang bertanggung jawab untuk proses metabolisme dalam tubuh kita. Masalah umum yang terjadi pada kelenjar tiroid dapat terjadi karena kelebihan produksi hormon tiroid (yang dikenal sebagai hipertiroidisme) atau produksi hormon tidak mencukupi menyebabkan hipotiroidisme.

Penyebab Penyakit Hipotiroidisme | Image by Google

Menurut perkiraan, sebagian besar komplikasi yang terkait dengan Hipotiroidisme, dan keluar dari itu, telah ditemukan bahwa sebagian besar terjadi pada wanita. Ya, itu benar. Wanita 10 kali lebih mungkin untuk menderita hipotiroidisme daripada laki-laki. Dan sebagian besar pasien wanita yang lebih tua dari usia 34 tahun.

Hari ini, kami disini akan membahas tentang faktor-faktor risiko yang terkait dengan hipotiroidisme. Turunan keluarga, merokok, paparan radiasi pada tubuh bagian atas dan penyakit Hashimoto adalah beberapa faktor utama yang menyebabkan hipotiroidisme. Sekarang mari kita lihat 10 Faktor Penyebab Munculnya Penyakit Hipotiroidisme.

Alasan Genetik

Genetika juga merupakan salah satu faktor risiko untuk hipertiroidisme. Seseorang yang memiliki riwayat keluarga hipotiroidisme adalah risiko yang lebih besar pada hipotiroidisme. Seseorang yang menderita hipotiroidisme mungkin telah tertular dari orang tua yang sehat, tapi kakek-nenek mereka mungkin menderita penyakit ini.

Merokok

Merokok adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan hipotiroidisme. Menurut penelitian, perokok memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan masalah hipotiroid seperti masalah yang berkaitan dengan pembuluh darah dan jantung.

Kehamilan

Kehamilan adalah salah satu faktor risiko tinggi yang menyebabkan hipotiroidisme pada wanita. Wanita lebih beresiko terkena hipotiroidisme selama dan setelah kehamilan. Perubahan kadar hormon selama kehamilan perubahan tingkat hormon tiroid, yang dapat menyebabkan hipotiroidisme. Hormon ini berhubungan dengan masalah yang terjadi pada 10 persen wanita dan sebagian besar akan sembuh, tapi ada juga kemungkinan tertular hipotiroidisme permanen.

Pengobatan Hipertiroidisme

Kadang-kadang, pasien yang menjalani pengobatan hipertiroidisme juga terkena risiko tertular hipotiroidisme. Dalam pengobatan hipertiroidisme, kelenjar tiroid yang diobati dengan yodium radioaktif atau obat antitiroid yang menyebabkan hipotiroidisme.

Penghapusan Kelenjar Tiroid

Dalam kasus-kasus seperti kanker tiroid, hal ini menjadi penting untuk sebagian atau seluruhnya menghapus tiroid, yang menjadi faktor risiko untuk hipotiroidisme.

Obat-obatan Kimia

Obat-obatan seperti sulphonamides dan lithium diambil untuk gangguan kejiwaan dan diabetes mengakibatkan berkurangnya produksi hormon tiroid, yang pada gilirannya menyebabkan hipotiroidisme.

Baca juga :

Diabetes atau Rheumatoid Arthritis

Mereka yang menderita diabetes tipe 1, diabetes atau rheumatoid arthritis berada pada risiko yang lebih besar dari menderita hipotiroidisme. Penyakit ini menjadi faktor risiko utama untuk hipotiroidisme.

Penyakit Hashimoto

Penyakit Hashimoto adalah suatu keadaan di mana tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang mulai bertindak terhadap tubuh. Pada penyakit ini, sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar tiroid, yang mempengaruhi kemampuan kelenjar tiroid untuk berhasil menghasilkan hormon tiroid, sehingga mengakibatkan kondisi yang disebut hypothyroidism.

Kekurangan Yodium

Kekurangan yodium merupakan salah satu faktor risiko untuk hipotiroidisme. Tubuh kita tidak memproduksi yodium, sehingga memasukan yodium dalam diet kita menjadi perlu untuk menjaga penyakit datang. Kekurangan yodium dalam tubuh dapat mengakibatkan penyakit Gondok. Hal ini juga dapat mengakibatkan tidak seimbangnya hormon tiroid, dan pada akhirnya menyebabkan hipotiroidisme.

Masalah Kelenjar Hipofisis

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, masalah pada kelenjar hipofisis juga dapat menyebabkan hipotiroidisme. Kelenjar hipofisis, kelenjar yang mengontrol tiroid, mungkin masalah seperti tumor, yang mempengaruhi kemampuannya untuk menghasilkan hormon yang membantu dalam merangsang tiroid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *