Makanan Yang Bernutrisi untuk Penyakit Gondok

Gondok merupakan salah satu kelainan akibat terjadinya pembengkakan pada kelenjar tiroid . Gondok biasanya terjadi di depan leher , tepat di bawah jakun . Dalam beberapa kasus , penderita penyakit ini akan memiliki leher dengan ukuran sangat besar . Kondisi gondok yang semakin parah mungkin membutuhkan perawatan .

Penyebab penyakit gondok yang paling umum di seluruh dunia adalah karena kekurangan yodium dalam makanan . Cara mengobati penyakit gondok mungkin tidak di perlukan jika penyakit gondok tersebut ukurannya terlalu kecil dan tidak terlihat atau tidak menimbulkan masalah apapun .

Namun , Jika anda memiliki gondok yang sudah lumayan parah ada baiknya jika anda segera melakukan pengobatan , baik secara medis atau dengan menggunakan obat gondok herbal . Jangan lupa untuk memperhatikan asupan makanan yang akan anda konsumsi , berikut ini ada beberapa jenis makanan untuk penderita gondok yang sehat dan dapat membantu menyembuhkannya .

gondok

  1. Anda harus mencari makanan yang mengandung makronutrisi serta mikronutrien . Cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran organik , karena umumnya bebas dari racun bahan kimia dan hormon , juga umumnya sangat kaya dengan nutrisi . Anda juga harus menambahkan beberapa makanan fermentasi , seperti sauerkraut, kimchi, kefir dan yoghurt buatan sendiri, karena makanan tersebut kaya akan probiotik.
  2. Ada banyak bakteri dalam saluran pencernaan anda , terutama bakteri yang menguntungkan . Mereka bermanfaat melindungi sistem pencernaan anda , terutama bakteri yang menguntungkan . untuk menghilangkan racun , makanan yang tidak tercerna m dan parasit . Banyak sisa makanan yang tidak tercerna bisa masuk kedalam aliran darah dan menyebabkan banyak masalah , seperti alergi makanan , sistem kekebalan jadi lemah , infeksi , penyakit dan alergi makanan . Hal ini juga bisa menimbulkan masalah tiroid yang tidak dapat berfungsi dengan baik .
  3. Untuk menyembuhkan tiroid , pastikan anda menyertakan protein dan lemak yang sehat dalam diet sehari-hari . Hal ini di butuhkan untuk memproduksi hormon , dan juga membantu untuk menjaga saluran pencernaan yang sehat . Masukan kenari , minyak kelapa alpukat dan mentega kelapa dalam diet Anda untuk mendapatkan lemak sehat. Lemak hewani adalah yang terbaik untuk menyembuhkan masalah sistem pencernaan, pilihlah daging sapi dan lemak dari ayam.
  4. Untuk mendapatkan protein , bisa dari daging sapi yang makan rumput , ayam , kalkun , dan ikan . jika anda seoragan vegan , cobalah untuk mendapatkan protein melalui makan lentil , kacang-kacangan dan sumber vegetarian lainnya . Sebaiknya hindari kedelai dan produk berbasis kedelai . Karena mereka tidak dianjurkan untuk orang dengan penyakit tiroid .
  5. Ada banyak herbal yang kaya mineral dan vitamin . Anda harus mencarinya untuk memasukan ke dalam diet anda , Cobalah mengkonsumsi mentah untuk memastikan mineral dan vitamin tidak didenaturasi selama proses memasak . Jika anda memiliki hipotiroidisme , coba konsumsi kunyit , karena dikenal dapat membantu penyembuhan tiroid .
  6. Pastikan anda untuk menghindari perasaan marah , cemburu atau perasaan permusuhan , karena adrenal akan melepaskan kortisol yang memiliki efek buruk pada kelenjar tiroid . Cobalah untuk dapat menenangkan diri dengan melakukan kegiatan seperti menari , yoga atau melukis ini akan mencegah kelelahan adrenal dan juga membantu untuk menjaga tingkat kortisol yang normal .
  7. Banyak orang dengan penyakit tiroid juga mengalami kelelahan adrenal dan kortisol kronis . Orang-orang sepertinya harus mencari makanan yang sehat bagi adrenal , seperti bawang putih , bawang merah , kubis , sayuran berdaun hijau , buah-buahan segar , bayam , pisang , lobak hijau dan almond . Maknan ini akan membantu untuk mengembalikan fungsi adrenal .

Itulah beberapa tips memilih makanan yang bernutrisi dan bermanfaat untuk membantu mengatsi penyakit gondok . Semoga informasi yang di sampaikan bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan . Semoga lekas sembuh

Makanan Yang Bernutrisi untuk Penyakit Gondok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *