Cara Mencegah Dan Mengobati Gondok

Penyakit gondok atau dalam istilah medis disebut struma merupakan suatu masalah kesehatan dimana terjadi pembengkakan atau benjolan besar yang terdapat pada leher sebelah depan (pada tenggorokan), akibat dari pertumbuhan kelenjar gondok yang tidak normal.

obat gondok
Penyakit gondok disebabkan karena adanya ganguan pada kelenjar tiroid sehingga tidak dapat mensekresikan hormon tiroid sesuai dengan kebutuhan tubuh. Selain itu penyakit gondok juga terjadi karena kekurangan kadar yodium yang menyebabkan penyakit gondok bersifat endemik.

Cara Mencegah Penyakit Gondok

  • Karena penyakit Gondok timbul akibat dari kekurangan yadium, maka langkah utama untuk mencegah penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi garam yang mengandung yodium. Bila tidak bisa memperoleh garam yang mengandung yodium , anda bisa menggunakan tinctura ( larutan yodium dalam alkohol)
  • Mengkonsumsi ganggang laut yang di campurkan pada makanan serta mengkonsumsi seafood ( seperti kepiting, kerang, ikan laut dll ) juga di percaya bisa mencegah penyakit gondok.
  • Pantangan makanan untuk penderita gondok juga ada , anda harus menghindari makanan yang dapat mengurangi hormon tiroksin, seperti kol, kacang kedelai, kacang tanah, kacang polong, bayam dan stroberi.

Pengobatan Penyakit Gondok

Pengobatan gondok tergantung pada ukuran gondok gondok, tanda dan gejala, tanda -tanda dan gejala, dan penyebab yang mendasarinya. Dokter mungkin akan merekomendasikan beberapa hal seperti :

  • obat-obatan , Jika anda memiliki hipotiroidism, penggantian hormon tiroid dengan levothyroxine ( Levoth, synthroid) bisa menyeleseikan gejala hipotiroidisme serta memperlambat pelepasan hormon thyroid-stimulating dari kelenjar pituitari anda (sering mengurangi ukuran gondok). Untuk peradangan kelenjar tiroid, dokter mungkin menyarankan obat herbal gondok atau obat gondok tradisional atau mungkin juga obat yang sudah diresepkan dokter untuk mengobati peradangan. Untuk penyakit gondok yang berhubungan dengan hipertiroidisme, Anda mungkin memerlukan obat untuk menormalkan kadar hormon.
  • Observasi , Jika gondok anda ukurannya masih kecil dan tidak menimbulkan masalah, dan tiroid anda berfungsi secara normal, dokter mungkin akan menyarankan untuk menunggu dan melihat perubahan yang terjadi.
  • Operasi gondok. Menghilangkan semua atau sebagian dari kelenjar tiroid adalah pilihan jika Anda memiliki gondok berukuran besar yang tidak nyaman atau menyebabkan kesulitan bernafas atau menelan, atau dalam beberapa kasus, jika Anda memiliki penyakit gondok beracun dapat menyebabkan hipertiroidisme. Pembedahan juga merupakan pengobatan untuk kanker tiroid. Anda mungkin perlu mengonsumsi obat penyakit gondok setelah operasi, itu tergantung pada jumlah tiroid yang dihilangkan.
       
  • Yodium radioaktif. Dalam beberapa kasus, yodium radioaktif digunakan untuk mengobati kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Yodium radioaktif digunakan melalui mulut untuk mencapai kelenjar tiroid melalui aliran darah. Terapi iodium radioaktif ini akan mengakibatkan respon peradangan di kelenjar tiroid dan menyebabkan penghancuran kelenjar tiroid selama beberapa minggu sampai bulan. Hasilnya, ukuran gondok menjadi semakin berkurang, tetapi juga dapat menyebabkan kelenjar tiroid kurang aktif.

Itulah informasi tentang Cara Mencegah dan Mengobati Gondok yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gondok biasa maupun gondok bercun. Semoga bermanfaat

Cara Mencegah Dan Mengobati Gondok

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *